Membangun Pesantren Melalui Pengembangan Sistem Pelaporan dan Strategi Pemasaran Digital
DOI:
https://doi.org/10.53698/rudence.v1i1.12Abstract
ABSTRACT
The purpose of community service activities at the AL-Mahali Islamic Boarding School is to help overcome the obstacles faced by the pesantren, namely the weak reporting system and marketing media at the Al-Mahali Islamic Boarding School. Activities are carried out through three types of activities, namely transfer of knowledge about accounting and marketing concepts, assistance in preparing financial reports and making promotional media, as well as evaluating the results of activities. All activities have been carried out. The outputs in the form of a simple accounting system, Islamic boarding school accounting guidelines, and promotional media are expected to help the development of Islamic boarding schools. Good financial governance is expected to help make more accurate decisions and new strategies and promotional media are expected to increase the number of Islamic boarding school students.
ABSTRAK
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada Pesantren AL-Mahali adalah untuk membantu mengatasai kendala yang dihadapi pesantren, yaitu lemahnya sistem pelaporan dan media pemasaran pada Pesantren Al-Mahali. Kegiatan dilakukan melalui tiga jenis kegiatan, yaitu transfer ilmu mengenai konsep akuntansi dan pemasaran, pendampingan penyusunan laporan keuangan dan pembuatan media promosi, serta evaluasi hasil kegiatan. Seluruh kegiatan telah terlaksana. Hasil luaran berupa sistem akuntansi sederhana, pedoman akuntansi pesantren, dan media promosi diharapkan dapat membantu pengembangan pesantren. Tata kelola keuangan yang baik diharapkan dapat membantu pembuatan keputusan yang lebih akurat dan strategi serta media promosi yang baru diharapkan dapat meningkatkan jumlah santri pesantren.
References
Afkarina, A., I. (2019). Rekonstruksi Penyusunan Laporan Keuangan di Pondok Pesantren Al-Anwari Banyuwangi (Dalam Perspektif Pedoman Akuntansi Pesantren). Repository Universitas Jember
Dahlan, H. Fahrurrozi. (2016). Sosiologi Pesantren : Dialektika Tradisi Keilmuan Pesantrem Dalam Merespon Dinamika Masyarakat. Mataran : IAIN Mataram.
Kamayanti, A. (2018). Akuntansi Pesantren: Immaculate Conception Of IAI and BI. Disajikan Untuk Kegiatan Anggota Muda IAI Wilayah Jawa Timur Komisariat Malang Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Sabtu, 6 Oktober 2018.
Mahriadi, N. (2016). Strategi Pemasaran Pondok Pesantren : Studi pada Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Sumatera Selatan. Repository Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Marzuki. (2011). Prinsip Dasar Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Dalam Buku Pendidikan Karakter, Dalam Perspektif Teori Dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.
Romli, M. (2018). Peluang Dan Tantangan Penerapan Sistem Akuntansi Pesantren Indonesia (Santri) Di Indonesia. Ekomadania: Journal Of Islamic Economic And Social, 2(1), 35-51.
Suherman, P., L. (2019). Analisis Pentingnya Akuntansi Pesantren: Studi pada Pondok Pesantren Al-Matuq Sukabumi. Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 2(2), 65-70
Sulistiono, B. (2011). Peranan Pondok Pesantren dalam Sistem Pendidikan Nasional. Tangerang, Banten. (pidato dalam rangka ulang tahun Pesantren Darul Falah).
Syafe’I, I. 2017. Pondok Pesantren : Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61-82.
Wasehudin. (2018). Eksistensi Pendidikan Islam Pasca Reformasi. Tarbawi : Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1), 85-100
Yanuar, F. (2018). Kajian Literatur Implementasi Pedoman Akuntansi Pesantren (PAP). STAI Alhusain