REFLEKSI BUDAYA DI INDONESIA BERDASARKAN NILAI – NILAI PANCASILA

Authors

  • Jean Richard Jokhu President University
  • Joseph Ginting President University
  • Tasya Nurkholifah President University

DOI:

https://doi.org/10.53698/rudence.v1i2.15

Keywords:

budaya, generasi milenial, Pancasila, webinar, culture, millennial generation

Abstract

Pancasila merupakan bentuk dasar negara yang menggambarkan keanekaragaman di Indonesia. Generasi Z yang selama ini memperoleh informasi dari social media cenderung meninggalkan dasar negara dalam kehidupan sehari – hari. Terlebih lagi perpecahan di kalangan milenial akibat perbedaan budaya. Webinar ini dilakukan sebagai jawaban atas permasalahan yang selama ini ada di Indonesia yang selalu menjadikan budaya sebagai alasan untuk perpecahan. Melalui kegiatan ini peserta webinar dapat membuka cakrawala berpikir bahwa Pancasila merupakan pemersatu budaya bukan sebaliknya.  

References

Adha, M. M. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan Mengoptimalisasikan Pemahaman Perbedaan Budaya Warga Masyarakat Indonesia Dalam Kajian Manifestasi Pluralisme Di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 14(2), 1–10. https://Doi.Org/10.21009/Jimd.V14i2.9102

Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Ardi Al Amin, M. D. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1), 11. Https://Doi.Org/10.33474/Jisop.V2i1.4945

Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pedoman Generasi Milenial Dalam Bersikap Di Media Sosial. Penelitian Ini Ditulis Untuk Mengetahui Pentingnya Implementasi Pancasila Dalam Berkehidupan Di Tengah Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Termasuk Berinteraksi Di Media Sosial. Generasi Milenial Di Indonesia Sebagai Pengguna Media Sosial Terbesar, 3(1), 78–87. https://Ummaspul.E-Journal.Id/Edupsycouns/Article/View/1301

Septianingrum, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial Di Era Serba Modern. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3(1), 28–35.

Downloads

Published

2022-01-31