DIGITALISASI PEMASARAN DAN PEMANFAATAN LIMBAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI BUNGA SEDAP MALAM
DOI:
https://doi.org/10.53698/rudence.v1i2.16Keywords:
bunga sedap malam, digitalisasi, limbah, pemasaran, digitization, marketing, tuberose flower, wasteAbstract
ABSTRAK
Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan sistem pemasaran secara daring dan memfasilitasi pembuatan akun berjualan pada marketplace, serta memberikan pelatihan tentang pengolahan bunga sedap malam afkir menjadi produk bahan pangan berupa keripik bunga sedap malam sebagai bahan campuran sop. Metode pelaksanaan pengabdian dalam bentuk focus group discussion, pelatihan dan pendampingan dengan para petani terkait dengan pemanfaatan sistem teknologi pemasaran dan pengolahan limbah. Diharapkan dari kegiatan ini dapat membantu masyarakat petani bunga sedap malam untuk mencoba penjualan melalui pemasaran digital. Selain itu, diharapkan para petani dapat memanfaatkan limbah bunga sedap malam yang sebelumnya tidak dapat digunakan, kini limbah tersebut dapat diolah menjadi produk pangan sehingga dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat petani bunga sedap malam.
ABSTRACT
The purpose of this activity is to provide online marketing system training and facilitate the creation of selling accounts on the marketplace, as well as provide training on processing rejected tuberose flowers into food products in the form of tuberose flower chips as a mixture of soup ingredients. The method of implementing community service is in the form of focus group discussions, training and mentoring with farmers related to the use of marketing technology systems and waste treatment. It is hoped that this activity can help tuberose flower farmers to try sales through digital marketing. In addition, it is hoped that farmers can take advantage of tuberose flower waste that previously could not be used, now the waste can be processed into food products so that it can provide economic value for tuberose flower farming communities.
References
Backer, A. & Brink, V. D. (1965). Flora of Java (Spermatophytes Only) Volume I. Netherland: N.V.P. Groningen.
Koesriwulandari. (2018). Model Keuntungan Pemasaran Bunga Sedap Malam Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Sosio Agribis, 18(2), 19–31. http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v18i2.527
Warsito, H., Rindiani., & Nurdyansyah, F. (2015). Ilmu Bahan Makanan Dasar. Yogyakarta: Nuha Medika.