PENINGKATAN POTENSI USAHA MIKRO KECIL BIDANG KULINER MELALUI STRATEGI PEMASARAN, KEUANGAN, DAN PERIZINAN

Authors

  • Mutiara Puspa Widyowati Universitas Pakuan
  • Haqi Fadillah Universitas Pakuan
  • Herdiyana Herdiyana Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.53698/rudence.v1i2.22

Keywords:

harga pokok penjualan, pemasaran, perizinan, social entrepreneurship, usaha mikro kecil, cost of goods sold, licensing, marketing, micro and small businesses

Abstract

ABSTRAK

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan potensi para pelaku usaha mikro kecil atau usaha rumahan dalam hal pembuatan strategi pemasaran, perhitungan harga pokok produksi, dan pengajuan perizinan usaha makanan. Sasaran kegiatan ini adalah para pelaku usaha binaan Dapur Lokal Indonesia Untuk Sesama (DLIUS) yang rata-rata adalah ibu-ibu rumah tangga yang baru memulai bisnis dalam bidang kuliner. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui kegiatan transfer ilmu pembuatan strategi pemasaran yang tepat, perhitungan harga pokok penjualan, dan prosedur pengajuan perizinan produk makanan. Luaran dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan para mitra DLIUS sehingga mampu menentukan target pasar sampai membuat media pemasaran, mampu menghitung harga pokok penjualan dengan tepat, dan mampu mengurus legalitas produk makanannya. Selain itu, untuk membantu para pelaku usaha mikro lainnya yang lebih luas luaran kegiatan ini berupa buku panduan pemasaran, keuangan, dan perizinan untuk usaha kecil, serta buku berupa panduan dan templat perhitungan harga pokok penjualan.

 

ABSTRACT

The purpose of this activity is to increase the potential of micro and small business actors or home businesses in terms of making marketing strategies, calculating the cost of production, and applying for food business licenses. This potential increase is carried out through knowledge transfer activities in making the right marketing strategy, calculating the cost of goods sold, and applying for food product licensing procedures. The output of this activity is an increase in the knowledge of DLIUS partners so that they are able to determine the target market to create marketing media, be able to calculate the cost of goods sold correctly, and be able to take care of the legality of their food products. In addition, to assist other micro-enterprises, the output of this activity is in the form of marketing, finance, and licensing guidebooks for small businesses, as well as books in the form of guides and templates for calculating the cost of goods sold.

References

Badan Pusat Statistik. (2019). Jumlah Perusahaan Menurut 2-digit KBLI (Unit). https://www.bps.go.id/site/resultTab

Dwianto, A. S. (2018). Social Entrepreneur Ship: Inovasi Dan Tantangannya Di Era Persaingan Bebas. Majalah Bijak, 15(1), 68–76.

Febriyantoro, M. & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62–76.

Kurniawan, A., Jalaludin, A., & Hastuti, S. (2014). Permasalahan Kompetensi Pelaku Usaha Kecil Bidang Kuliner Di Kota Bandung Dan Kota Cimahi. The 7th NCFB and Doctoral Colloquium 2014 Towards a New Indonesia Business Architecture, 171–188.

Ling, Ay. (2013). Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Deskriptif Pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya). Agora, 1(1), 1–8.

Maryati, T., Syarief, R., & Hasbullah, R. (2016). Analisis Faktor Kendala dalam Pengajuan Sertifikat Halal (Studi Kasus: Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Makanan Beku di Jabodetabek). Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan, 4(3), 364–371.

Downloads

Published

2022-01-31