PELATIHAN PENINGKATAN VALUE PRODUK DAN MANAJEMEN KEUANGAN PADA UNIT USAHA PERIKANAN PESANTREN BISNIS ORENZ

Authors

  • Aditya Prima Yudha Universitas Pakuan
  • Arie Wibowo Irawan Universitas Pakuan
  • Dwi Meyliani Riswanti Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.53698/rudence.v1i3.31

Keywords:

Manajemen Keuangan, Pelatihan, Pesantren, Value Produk, Financial Management, Islamic Boarding School, Product Value

Abstract

ABSTRAK

Pesantren bisnis Orenz merupakan pesantren modern yang ada di kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Pesantren ini memiliki visi menghasilkan santri yang menguasai ilmu agama dengan baik dan mandiri dengan berwirausaha. Kebutuhan operasional pesantren dipenuhi dari unit-unit bisnis yang dibangun. Konsep pesantren bisnis yang modern ini harus didukung dengan tata kelola dan manajemen yang baik. Permasalahan yang terjadi adalah salah satu unit usaha yang dilakukan yaitu budidaya ikan lele belum dapat berjalan dengan maksimal disebabkan permasalahan pemasaran dan pengelolaan keuangan. Tujuan dilakukannya program pengabdian adalah untuk meningkatkan kemampuan santri dalam mengelola usaha yang dijalankan terutama pada aspek pemasaran dan keuangan. Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan pengolahan komoditas ikan lele menjadi olahan perikanan yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dan diharapkan menjadi solusi permasalahan pemasaran pada unit usaha budidaya. Produk olahan yang dihasilkan adalah lele asap. Produk ini memiliki nilai jual yang lebih tinggi dengan keunggulan produk yang tahan lama, tekstur daging yang kering dan aroma yang sedap. Selain memahami aspek pemasaran dan produk olahan perikanan, para santri juga telah dapat membuat perencanaan keuangan bisnis dari pelatihan yang diberikan.

ABSTRACT

The Orenz business boarding school is a modern Islamic boarding school in Leuwiliang sub-district, Bogor Regency. This Islamic boarding school has a vision to produce students who master religious knowledge well and are independent by entrepreneurship. The operational needs of the pesantren are met from the business units that are built. The concept of a modern business boarding school must be supported by good governance and management. The problem that occurs is that one of the business units carried out, namely catfish farming has not been able to run optimally due to marketing and financial management problems. The purpose of the service program is to improve the ability of students to manage businesses that are run, especially in the marketing and financial aspects. The method used is to provide training in processing catfish commodities into processed fisheries which have higher economic value and are expected to be a solution to marketing problems in aquaculture business units. The processed product produced is smoked catfish. This product has a higher selling value with the advantages of a durable product, dry meat texture and delicious aroma. In addition to understanding aspects of marketing and processed fishery products, the students have also been able to make business financial plans from the training provided

Downloads

Published

2022-05-23