PENTINGNYA KEMAMPUAN KOMUNIKASI DALAM BERWIRAUSAHA

Authors

  • Catur Rahayu Martiningtiyas Universitas Trisakti
  • Asep Hermawan Universitas Trisakti
  • Nuraini Chaniago Universitas Trisakti
  • Beta Oki Baliartati Universitas Trisakti
  • Nila Lestari Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.53698/rudence.v2i2.37

Keywords:

E-Marketing, Komunikasi, Media Sosial, UMKM, Communication, Social Media

Abstract

ABSTRAK

Pelaku usaha dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sekumpulan Usaha mikro kecil di kelurahan Tegal Alur. Bidang usaha para wirausaha diantaranya pengolahan makanan, aksesoris, dan jasa penyewaan alat-alat pernikahan. Pelaksanaan bisnis usaha para UMKM cenderung bersifat pasif, dimulai dengan menunggu pesanan dari konsumen dan kurangnya pemanfaatan maksimal media sosial di era digital masa kini. Solusi yang disarankan dengan melakukan suatu penyuluhan bagaimana mengoptimalisasikan penggunaan perangkat smartphone sebagai media pemasaran dalam mendukung peningkatan peluang usaha di masa pandemic Covid 19.  Tahapan kegiatan ini bertujuan untuk mengganti pola pelaku usaha menjadi bentuk pemasaran masa kini dari bentuk pemasaran yang tradisional.  Harapan yang diperoleh dari kegiatan usaha yang dilakukan mampu memperluas jangkauan pangsa pasar, margin keuntungan terjadi peningkatan, volume penjualan yang meningkat dan minimalisasi biaya pemasaran dengan pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi usaha.

ABSTRACT

Business actors in this community service activity are a group of small micro businesses in Tegal Alur village. The business fields of entrepreneurs include food processing, accessories, and wedding equipment rental services. The business implementation of MSME businesses tends to be passive, starting with waiting for orders from consumers and the lack of maximum utilization of social media in today's digital era. The suggested solution is to conduct counseling on how to optimize the use of smartphone devices as a marketing medium in support increasing business opportunities during the Covid 19 pandemic.  This stage of this activity aims to change the pattern of business actors into the form of modern marketing from traditional forms of marketing. The expectations obtained from the business activities carried out are able to expand the reach of market share, increase profit margins, increase sales volume and minimize marketing costs by utilizing social media as a means of business communication.

References

Afizha, J., & Kholik, A. (2021). Penerapan Komunikasi Efektif 7C Dalam Pelayanan Informasi Publik Oleh Kantor Pelayanan Kekataan Negara dan Lelang Jakarta II. JRMDK Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(3), 111–125. http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i3.13683

Djugorahardjo, M. (2018, 24 Juli). Syarat 7C Dalam Proses Komunikasi Penjualan yang Efektif. Info brand.id. Tersedia di: https://infobrand.id/syarat-7c-dalam-proses-komunikasi-penjualan-yang-efektif.phtml

Hamali, A. Y. & Budihastuti, E. S. (2017). Pemahaman Kewirausahaan: Strategi mengubah Pola Pikir "Orang Kantoran" Menuju Pola Pikir "Wirausahawan" Sukses. Jakarta: Kencana.

Nurrohim, H., & Anatan, L. (2009). Efektivitas Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Manajemen Maranatha, 8(2), 10–21. https://doi.org/10.28932/jmm.v8i2.188

Redaksi Mekari Jurnal. (2018). Pentingnya Komunikasi Bisnis untuk Keberhasilan Usaha. Jurnal entrepreneur. Tersedia di: https://www.jurnal.id/id/blog/2018-pentingnya-komunikasi-bisnis-yang-baik-untuk-keberhasilan-usaha/

Rakib, M. (2010). Pengaruh Model Komunikasi Wirausaha, Pembelajaran Wirausaha, dan Sikap Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Kecil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 121–129. http://dx.doi.org/10.17977/jip.v17i2.2630

Sani, S. A. & Nawawi, Z. M. (2022). Pengaruh Matakuliah Kewirausahaan terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha. ManBiz: Journal of Management and Business, 1(2), 66–74. https://doi.org/10.47467/manbiz.v1i2.1674

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.

Sari, A. W. (2016). Pentingnya Keterampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif. Jurnal EduTech Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 2(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v2i1.572

Setiawan, T., & Putro, F. H. A. (2021). Komunikasi Efektif dalam Membina Keterampilan Berwirausaha di PC Ipnu Kabupaten Boyolali. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 100–107.

Downloads

Published

2023-01-27