PENTINGNYA KEMAMPUAN KOMUNIKASI DALAM BERWIRAUSAHA
DOI:
https://doi.org/10.53698/rudence.v2i2.37Keywords:
E-Marketing, Komunikasi, Media Sosial, UMKM, Communication, Social MediaAbstract
ABSTRAK
Pelaku usaha dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sekumpulan Usaha mikro kecil di kelurahan Tegal Alur. Bidang usaha para wirausaha diantaranya pengolahan makanan, aksesoris, dan jasa penyewaan alat-alat pernikahan. Pelaksanaan bisnis usaha para UMKM cenderung bersifat pasif, dimulai dengan menunggu pesanan dari konsumen dan kurangnya pemanfaatan maksimal media sosial di era digital masa kini. Solusi yang disarankan dengan melakukan suatu penyuluhan bagaimana mengoptimalisasikan penggunaan perangkat smartphone sebagai media pemasaran dalam mendukung peningkatan peluang usaha di masa pandemic Covid 19. Tahapan kegiatan ini bertujuan untuk mengganti pola pelaku usaha menjadi bentuk pemasaran masa kini dari bentuk pemasaran yang tradisional. Harapan yang diperoleh dari kegiatan usaha yang dilakukan mampu memperluas jangkauan pangsa pasar, margin keuntungan terjadi peningkatan, volume penjualan yang meningkat dan minimalisasi biaya pemasaran dengan pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi usaha.
ABSTRACT
Business actors in this community service activity are a group of small micro businesses in Tegal Alur village. The business fields of entrepreneurs include food processing, accessories, and wedding equipment rental services. The business implementation of MSME businesses tends to be passive, starting with waiting for orders from consumers and the lack of maximum utilization of social media in today's digital era. The suggested solution is to conduct counseling on how to optimize the use of smartphone devices as a marketing medium in support increasing business opportunities during the Covid 19 pandemic. This stage of this activity aims to change the pattern of business actors into the form of modern marketing from traditional forms of marketing. The expectations obtained from the business activities carried out are able to expand the reach of market share, increase profit margins, increase sales volume and minimize marketing costs by utilizing social media as a means of business communication.
References
Afizha, J., & Kholik, A. (2021). Penerapan Komunikasi Efektif 7C Dalam Pelayanan Informasi Publik Oleh Kantor Pelayanan Kekataan Negara dan Lelang Jakarta II. JRMDK Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(3), 111–125. http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i3.13683
Djugorahardjo, M. (2018, 24 Juli). Syarat 7C Dalam Proses Komunikasi Penjualan yang Efektif. Info brand.id. Tersedia di: https://infobrand.id/syarat-7c-dalam-proses-komunikasi-penjualan-yang-efektif.phtml
Hamali, A. Y. & Budihastuti, E. S. (2017). Pemahaman Kewirausahaan: Strategi mengubah Pola Pikir "Orang Kantoran" Menuju Pola Pikir "Wirausahawan" Sukses. Jakarta: Kencana.
Nurrohim, H., & Anatan, L. (2009). Efektivitas Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Manajemen Maranatha, 8(2), 10–21. https://doi.org/10.28932/jmm.v8i2.188
Redaksi Mekari Jurnal. (2018). Pentingnya Komunikasi Bisnis untuk Keberhasilan Usaha. Jurnal entrepreneur. Tersedia di: https://www.jurnal.id/id/blog/2018-pentingnya-komunikasi-bisnis-yang-baik-untuk-keberhasilan-usaha/
Rakib, M. (2010). Pengaruh Model Komunikasi Wirausaha, Pembelajaran Wirausaha, dan Sikap Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Kecil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 121–129. http://dx.doi.org/10.17977/jip.v17i2.2630
Sani, S. A. & Nawawi, Z. M. (2022). Pengaruh Matakuliah Kewirausahaan terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha. ManBiz: Journal of Management and Business, 1(2), 66–74. https://doi.org/10.47467/manbiz.v1i2.1674
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.
Sari, A. W. (2016). Pentingnya Keterampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif. Jurnal EduTech Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 2(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v2i1.572
Setiawan, T., & Putro, F. H. A. (2021). Komunikasi Efektif dalam Membina Keterampilan Berwirausaha di PC Ipnu Kabupaten Boyolali. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 100–107.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rural Development For Economic Resilience (RUDENCE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.