PEMBEKALAN BAGI SISWA UNTUK MENGHADAPI KULIAH DAN DUNIA KERJA PADA SISWA SMKN 1 RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Authors

  • Abrar Universitas Islam Riau
  • Dian Saputra Universitas Islam Riau
  • Nuriman Universitas Islam Riau
  • Riska Yani Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.53698/rudence.v2i3.52

Keywords:

akuntansi, dunia kerja, kuliah, pembekalan, sekolah menengah kejuruan, accounting, college, preparation, vocational school, working world

Abstract

ABSTRAK

Lulusan SMK menjadi salah satu penyumbang pengangguran terbesar di Indonesia. Hal ini didukung data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tingkat pendidikan yang mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2021 untuk lulusan Sekolah Menengah Kejuruan menempati urutan pertama yaitu sebesar 11,13 persen sedangkan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) sebesar 9,09 persen berada di urutan kedua. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada siswa SMKN 1 Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, agar siap menghadapi kuliah dan dunia kerja. Pengabdian ini dilakukan melalui kegiatan edukatif seperti seminar dan pelatihan. Siswa diajak untuk memahami persyaratan dan tantangan di dunia kuliah dan dunia kerja, serta diberikan keterampilan non-akademik yang penting. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pembekalan ini mampu meningkatkan pemahaman siswa dan memberikan peluang kerja yang lebih baik. Rekomendasi pengabdian ini adalah untuk melanjutkan kegiatan pembekalan dan memperkuat kemitraan dengan industri.

ABSTRACT

Graduates of vocational schools (SMK) are one of the major contributors to unemployment in Indonesia. This is supported by data from the Central Statistics Agency (BPS), which recorded the Open Unemployment Rate (TPT) in August 2021. Vocational school graduates ranked first with a rate of 11.13 percent, while graduates of general high schools (SMA) ranked second with a rate of 9.09 percent. This community service aims to provide preparation for students of SMKN 1 Rengat, Indragiri Hulu Regency, to face college and the working world. The service is carried out through educational activities such as seminars and training sessions. Students are encouraged to understand the requirements and challenges in college and the working world, as well as being equipped with important non-academic skills. The results of the community service show that this preparation improves students' understanding and provides better job opportunities. The recommendations for this community service are to continue the preparatory activities and strengthen partnerships with industries.

References

Arifin, A. A., & Ratnasari, S. (2017). Hubungan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(1), 77–82. http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v1i1.9

Barokah, N., & Yulianto, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 434–452. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31498

BPS. (2021). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2020-2022. https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html

Chillakuri, B., & Mahanandia, R. (2018). Generation Z entering the workforce: the need for sustainable strategies in maximizing their talent. Human Resource Management International Digest, 26(4), 34–38. https://doi.org/10.1108/HRMID-01-2018-0006

Fatimah, S. (2018). Pengaruh Potensi Diri, Prestasi Belajar, Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Fakultas Ekonomi Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2), 28-36. https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%25p

Kharisma, N., & Latifah, L. (2015). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri Se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014. Economic Education Analysis Journal, 4(3), 833-846.

Maulana, A. M. M. A. M. (2022). Permintaan Pasar Kerja Pada Keterampilan Lulusan Smk Akuntansi: Analisis Konten Iklan Lowongan Kerja [Thesis Diploma]. Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/id/eprint/200897

Perdana, N. S. (2019). Analisis Permintaan Dan Penawaran Lulusan SMK Dalam Pemenuhan Pasar Tenaga Kerja. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 172-181. https://doi.org/10.24176/re.v9i2.2948

Putri, A. D., Novita, D., & Maskar, S. (2022). Pengenalan Wawasan Bisnis Di Era Digital Bagi Siswa/i SMK Yadika Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 213–217. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2129

Tyagita, B. P. A., & Padmini, K. H. (2015). Edupreneur dalam meningkatkan mutu lulusan SMK. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1).

Wiguna, M. Z., & Alimin, A. A. (2021). Seminar Pendidikan dalam Rangka Peningkatan Motivasi Siswa Kelas XII untuk Melanjutkan Pendidikan di Perguruan Tinggi. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 40–49. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2129

Wijaya, M. O., & Utami, E. D. (2021). Determinan Pengangguran Lulusan SMK di Indonesia Tahun 2020. Seminar Nasional Official Statistics, 2021(1), 801–810. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2021i1.1048

Downloads

Published

2023-05-22