OPTIMALISASI PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA DAN MARKETPLACE SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI SIDOHARJO

Authors

  • Dianila Oktyawati Universitas Gadjah Mada
  • Dina Natasari Universitas Gadjah Mada
  • Hilda Octavana Siregar Universitas Gadjah Mada
  • Sumirah Sumirah Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.53698/rudence.v2i3.54

Keywords:

marketplace, produk unggulan, social media, strategi penjualan, UMKM, leading product, MSMEs, selling strategy

Abstract

ABSTRAK

Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kalurahan Sidoharjo Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo menghadapi permasalahan pada bidang  pemasaran dan penjualan yang masih dilakukan secara konvensional. Akibatnya, cakupan belum mampu menjangkau secara luas. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan penggunaan social media dan marketplace supaya dapat meningkatkan penjualan produk UMKM di Kalurahan Sidoharjo. Metode pelaksanaan pengabdian diawali dengan survey dan identifikasi permasalahan yang sedang dihadapi oleh kelompok UMKM. Kemudian penyusunan panduan penggunaan social media dan marketplace, mendampingi dalam pembuatan konten foto produk yang menarik, melakukan pelatihan pemanfaatan social media dan marketplace. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terlaksananya pelatihan penggunaan social media dan marketplace, tersusunnya buku panduan penggunaan social media dan marketplace guna membantu para pelaku UMKM dalam menggunakan social media dan marketplace secara optimal, meningkatkan pemahaman dan kemampuan penggunaan social media dan marketplace, termasuk pembuatan foto produk yang menarik.

ABSTRACT

The Micro, Small and Medium Enterprises Unit (MSMEs) of Sidoharjo Village, Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo Regency, are facing problems in the field of marketing and sales which are still carried out conventionally. As a result, coverage has not been able to reach widely. The purpose of this activity is to optimize the use of social media and marketplaces in order to increase sales of MSME products in the Sidoharjo Village. The method of implementing community service begins with a survey and identification of the problems being faced by the MSME group. Then compiling guidelines for the use of social media and marketplaces, assisting in creating attractive product photo content, conducting training on the use of social media and marketplaces. The results of this community service activity are the implementation of training on the use of social media and marketplaces, the preparation of guidebooks on the use of social media and marketplaces to assist MSME actors in optimally using social media and marketplaces, increasing understanding and ability to use social media and marketplaces, including making photos interesting product.

References

Arifianto, D., Umilasari, R., & Wahyudi, E. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dan Marketplace Untuk Meningkatkan Pemasaran Produksi UMKM Bonpay Dan Arumfood. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 6(2), 155-160. https://doi.org/10.32528/jpmi.v6i2.4939

Augustinah, F., & Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 4(2), 1-19. DOI:10.36636/dialektika.v4i2.345

Bacile, T. J., Ye, C., & Swilley, E. (2014). From Firm-Controlled To Consumer-Contributed: Consumer Co-Production Of Personal Media Marketing Communication. Journal Of Interactive Marketing, 28(2), 117–133. DOI: 10.1016/j.intmar.2013.12.001

Bernadeth, C., Pamukti, A., & Triyono, G. (2021). Penerapan E-Commerce Berbasis Web Menggunakan CMS Untuk Meningkatkan Penjualan. SERASI Jurnal Sekretari & Administrasi, 19(2). http://dx.doi.org/10.36080/js.v19i2.1572

Ekawati, Y. P., & Andarwati, M. (2021). Analisis Penggunaan Media Sosial Dan Marketplace Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Di UMKM Kab. Malang Di Masa Pandemi Covid-19 (Tinjauan Anomali Teknologi). In Seminar Nasional Sistem Informasi (Senasif), 5, 2938–2946.

Gul, M. S., Shahzad, H., & Khan, M. I. (2014). The Relationship Of Social Media With Fashion Consciousness And Consumer Buying Behavior. Journal Of Management Info, 1(2), 12–20. https://doi.org/10.31580/jmi.v2i1.4

Gummerus, J., Liljander, V., Weman, E., & Pihlström, M. (2012). Customer Engagement In A Facebook Brand Community. Management Research Review, 35(9), 857–877. https://doi.org/10.1108/01409171211256578

Harahap, D. F., & Hasim, W. (2021). Implementasi SWOT Strategi Pemasaran Online pada Counter Super Cell Di Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. In Jurnal Manajemen Sains, 1(1). https://doi.org/10.36355/jms.v1i1.471

Harto, D., Pratiwi, S.R., Utomo, M. N. & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39-45. DOI: 10.30595/jppm.v3i1.3033

Jahanshahi, A. A., Zhang, S. X., & Brem, A. (2013). E-Commerce For SMEs: Empirical Insights From Three Countries. Journal Of Small Business And Enterprise Development, 20(4), 849–865. https://doi.org/10.1108/JSBED-03-2012-0039.

Kominfo, (2020, Oktober 24). Terjadi Pergeseran Penggunaan Internet Selama Masa Pandemi. Tersedia di: https://www.kominfo.go.id/content/detail/26060/terjadi-pergeseran-penggunaan-internet-selama-masa-pandemi/0/berita_satker [Diakses 5 April 2022].

Lee, M., & Youn, S. (2009). Electronic Word Of Mouth (eWOM): How eWOM Platforms Influence Consumer Product Judgement. International Journal Of Advertising: The Quarterly Review of Marketing Communications, 28(3), 473–499. https://doi.org/10.2501/S0265048709200709

Nurfalah, H. (2023). Efektivitas Sosial Media Sebagai Media Promosi Dan Informasi Di BBPP Lembang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPP), 2. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpp/article/view/5154.

Pemerintah Desa Sidoharjo. (2019). Profil Wilayah Desa. Tersedia di: https://sidoharjo-kulonprogo.desa.id/index.php/artikel/2019/3/5/profil-wilayah-desa [Diakses 4 April 2022].

Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Ilmiah Eka Cida Dinamika Ekonomika, 1(1).

Sanjaya, A., Lisvia, L., Nursandy, F. L., & Nurlita, Y. S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk Di Masa Pandemi Covid-19. PLAKAT Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 3(2), 167-181. DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6741

Shih, C. (2009). The Facebook Era: Tapping Online Social Networks To Build Better Products, Reach New Audiences, and Sell More Stuff. New York: Prentice Hall.

Tsimonis, G., & Dimitriadis, S. (2014). Brand Strategies In Social Media. Marketing Intelligence And Planning, 32(3), 328–344. https://doi.org/10.1108/MIP-04-2013-0056.

Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Oleh UMKM Di Era Pandemi (Studi Kasus Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Kabupaten Bandung). COOPETITION: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96. DOI: https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i1.590

Downloads

Published

2023-05-22