PENERAPAN GOOGLE SITES SEBAGAI SARANA PEMASARAN DIGITAL MASJID AN-NUR

Authors

  • Reza Ariftiarno Universitas Budi Luhur
  • Tania Lestari Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.53698/rudence.v2i3.56

Keywords:

google sites, masjid, pemasaran digital, digital marketing, mosque

Abstract

ABSTRAK

Masjid An Nur Pondok Surya Kancana memiliki daya tampung jamaah sebanyak 200 orang. Namun saat waktu salat lima waktu telah datang (kecuali salat Jum’at) masjid hanya terisi kurang lebih 20 orang atau dua shaf salat. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan jamaah Masjid, maka dikembangkan website menggunakan Google Sites untuk mengenalkan Masjid An Nur ke masyarakat luas. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah metode prototype untuk mengembangkan website. Hasil dari pengabdian ini adalah jumlah kunjungan jamaah Masjid An Nur meningkat sekitar 24 orang berdasarkan review Google Maps yang disematkan pada halaman website satu hari setelah website diluncurkan. Selain itu, jumlah pengunjung website juga mengalami peningkatan sebesar 82 orang satu hari setelah website diluncurkan.

ABSTRACT

An Nur Mosque has the capacity to accommodate as many as 200 people. However, when the time for the five daily prayers has come (except Friday prayers) the mosque is only filled with approximately 20 people or two rows of prayers. The aim of this community service is to increase the visit number of Jemaah at the mosque, a website was developed using Google Sites to introduce the An Nur Mosque to the wider community. The method used in this service is the prototype method for developing websites. The result of the service is that the number of visits by the An Nur Mosque congregation increased by around 24 people based on a Google Maps review embedded on the website page a day after the website was launched. In addition, the number of website visitors also increased by 82 people one day after the website was launched.

References

Al-Khraisha, L., Elqabbany, M., Asfour, Z., Chahine, N. & Nasreddin, M. A. (2021). The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims, 2022 (Prof S Abdallah Schleifer, Dr Tarek Elgawhary, & Mr Aftab Ahmed (eds.)). Dabuq: The Royal Islamic Strategic Studies Centre.

Al Maliki, M. A. Sya’roni, W., & Sudriyanto. (2021). Sistem Informasi Notifikasi Kegiatan Masjid Mujahidin Menggunakan Android. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(4), 1832-1843.

Anggraini, R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Pengelolaan Dana Masjid Berbasis Web (Studi Kasus: Masjid Al-Muttaqin). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 109-118. DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i3.884

Badharudin, A. Y. & Wijaya, S. A. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Masjid KH. Ahmad Dahlan Berbasis Website. SAINTEKS, 17(1), 73-82. DOI: 10.30595/sainteks.v17i1.8300

Departemen Agama RI. (2015). Al Quran dan Terjemahan. CV Darus Sunnah.

Erisandi, A. F., Sanusi, I. & Setiawan, A. I. (2019). Implementasi Perencanaan Program Ikatan Remaja Masjid dalam Meningkatkan Kemakmuran Masjid. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 4(4). DOI:10.15575/tadbir.v4i4.1745

Hutagalung, J., Amrullah, Saniman, Maya, W. R., & Elfitriani. (2022). Digitalisasi Masjid Era Society 5.0 Menggunakan Teknologi QRIS Pada Kas Masjid Al-Muslimin. JCES (Journal of Character Education Society), 5(1). DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v5i1.6976

Novryaldy, A. & Setiadi, T. (2018). Perancangan Sistem Informasi Profil Masjid Berbasis Website. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 4(3), 242-252. DOI:10.33197/jitter.vol4.iss3.2018.172

Nurlatifah, & Suprihatiningrum, J. (2023). Pengembangan Google Sites Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa sebagai Media Belajar Mandiri Siswa SMA/MA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(1). DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i1.27391

Sudarsono, Hamzah, A., & Warastuti, R. A. (2023). Penggunaan Bahasa Dan Istilah Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Minat Beli Online. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, 10(1), 70-80. DOI: https://doi.org/10.37606/publik.v10i1.640

Sufarnap, E., Sudarto, & Salsabila, Z. (2022). Pengembangan Website Pada Masjid Alfalaah Medan. Jurnal Berdaya Mandiri, 4(1), 868-870. https://doi.org/10.31316/jbm.v4i1.1791

Sutiana, M. & Wasiso, A. (2021). Kegiatan Dewan Kemakmuran Masjid Dalam Membina Sikap Keagamaan Remaja Di Masjid At-Taqwa Desa Jalaksana Kuningan Jawa Barat. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(4). DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i4.21964

Priyono, D.P., Fawaidi, B. & Nurhayati. U. (2020). PEMBERDAYAAN MASJID: Pembinaan Masjid agar Menjadi Masjid yang Makmur di Masjid Al-Huda Dusun Darussalam Desa Jatimulyo Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Al-Ijtimā’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.53515/aijpkm.v1i1.3

Tety, E. & Raharjo, A. (2019). Pemasaran Digital. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Zamroni, G, M. & Fahana, J. (2021). Implementasi Framework MVC Pada Pemodelan dan Pengembangan Sistem Informasi Masjid Berbasis Web. JIKA (Jurnal Informatika) Universitas Muhammadiyah Tangerang, 5(2). 184-194. DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v5i2.4490

Downloads

Published

2023-05-22