PENINGKATAN SKILL DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI PELATIHAN EDUKASI KOPI

Authors

  • Achdian Anggreny Bangsawan Universitas Muslim Indonesia
  • Nurina Saffanah Universitas Muslim Indonesia
  • Rahayu Alkam Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53698/rudence.v3i1.65

Keywords:

Edukasi kopi, kewirausahaan, Pelatihan, Coffee education, enterpreneurship, training

Abstract

ABSTRAK

Berangkat dari tingginya ketertarikan masyarakat, khususnya anak muda,  membuat usaha warung kopi atau coffee shop semakin diminati sebagai pilihan bisnis. Namun, yang menjadi salah satu kendala adalah kurangnya pengetahuan terkait kopi. Tujuan kegiatan ini dilakukan untuk memberi pengetahuan kepada peserta terkait kopi. Mulai dari memahami jenis-jenis kopi dan bagaimana cara meracik kopi yang pas. Selain itu memberikan pelatihan bagaimana cara mengoperasikan mesin kopi dan peralatan lainnya.  Bentuk kegiatan yang dilakukan meliputi pemberian materi terkait edukasi kopi dan memberikan pelatihan bagaimana cara meracik kopi serta mengoperasikan mesin kopi dan peralatan lainnya. Adapun hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan peserta terkait kopi, jenis-jenis kopi, cara meracik kopi serta bertambahnya keterampilan peserta dalam mengoperasikan mesin kopi. Hal ini bisa menambah pengetahuan dan keterampilan peserta yang memiliki nilat membuat usaha coffee shop.

ABSTRACT

Based on the high interest of the public, especially young people, coffee shops or coffee shops are becoming increasingly popular as a business option. However, one of the obstacles is a lack of knowledge regarding coffee. The aim of this activity is to provide knowledge to participants regarding coffee. Starting form understanding the types of coffee and how to mix the right coffee. Apart of that, it provides training on how operate coffee machines and other equipment. The activities carried out include providing material related to coffee education and training on how to mix coffee and operate a coffee machine. The results achieved from this activity were an increase in participants' knowledge regarding coffee, types of coffee, how to mix coffee and an increase in participants' skills in operating a coffee machine. This can increase the knowledge and skills of participants who have the intention of starting a coffee shop business.

References

Firdaus, M. F. (2020). Warung Kopi dan Citybranding Kota Makassar (Studi Kasus Menjamurnya Warung Kopi di Kota Makassar). (Tugas Akhir (S1)-Thesis). Universitas Bakrie: Makassar.

Irawan, P. A. (2022). Diferensiasi Usaha Kopi dan Hubungannya dengan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Café Kopiology Makassar). (Skripsi). Universitas Hasanuddin: Makassar.

Said, I. (2017). Warung Kopi dan Gaya Hidup Modern. Jurnal Al-Khitabah, 3(3), 33-47.

Nadya, K. (2023, September 01). Omzet Kopi Kenangan 2021 Capai Ratusan Milyar, Penjualan 2022 Bisa Tembus Trilyunan? IDX Channel. Tersedia di: https://www.idxchannel.com/news/omzet-kopi-kenangan-2021-capai-ratusan-miliar-penjualan-2022-bisa-tembus-triliunan

Downloads

Published

2024-01-30