PELATIHAN APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI ACCURATEUNTUK SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 2 GEDANGSARI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.53698/rudence.v3i1.66Keywords:
Accurate versi 5, Guru Tamu, Lokakarya, Sekolah Menengah Kejuruan, Accurate 5th version, Guest Teacher, Vocational High School, WorkshopAbstract
ABSTRAK
Sekolah Menengah Kejuruan perlu bekerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI) dan perguruan tinggi agar mampu menghasilkan lulusan yang memiliki mutu tinggi. Salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah mendatangkan guru tamu ke sekolah. Politeknik YKPN melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu bertindak sebagai guru tamu yang melaksanakan workshop siswa SMK Negeri 2 Gedangsari Yogyakarta yang diikuti oleh 61 siswa kelas XII jurusan akuntansi pada tanggal 17-21 Juli 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan mengenalkan praktik akuntansi komputer kepada para siswa, khususnya aplikasi Accurate versi 5. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah kegiatan workshop, meliputi pendalaman materi dan serta praktik pencatatan akuntansi. Hasil kegiatan workshop menunjukkan bahwa para siswa mempersepsikan aplikasi Accurate mudah digunakan dan mempunyai manfaat bagi mereka.
ABSTRACT
Vocational High Schools need to collaborate with the Business/Industrial World (DUDI) and universities in order to produce graduates with high quality. One form of such cooperation is by bringing guest teachers to the school. YKPN Polytechnic carried out community service activities by acting as guest teachers conducting workshops for students of SMK Negeri 2 Gedangsari Yogyakarta, which was attended by 61 class XII grade accounting students on July 17-21, 2023. The purpose of this activity is to provide knowledge and introduce computerized accounting practices to the students, specifically using Accurate version 5 application. The method used in this community service is workshop activities, which include in-depth material exploration and accounting recording practices. The results of the workshop activities show that the students perceive Accurate application as easy to use and beneficial for them.
References
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Firdaus, F. (2018). Manfaat Guru Tamu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK YPTN Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 205-216. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i2.71
Kartika, D., Widianto, A., Hetika, H., Utami, E. U. S., & Anindita, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Siswa Akuntansi Menggunakan Aplikasi Accurate Versi 5 Di SMK Karya Bhakti Brebes. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 265–269. http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.265-269
Khairani, S., Kesuma, D. P., Fransiska, J., & Hartati, E. (2021). Pelatihan Aplikasi Accurate bagi Guru dan Siswa SMK Negeri 1 Palembang. PADIMAS: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 43–49. https://doi.org/10.35957/padimas.v1i1.1173
Muslim, S., Soeparjo, D., Ismayati, E., Joko, & Santosa, A. B. (2017). Supervisor Industri Sebagai Guru Tamu di SMK. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Tersedia di: https://repositori.kemdikbud.go.id/10414/1/Supervisor%20Industri%20Sebagai%20Guru%20Tamu%20Di%20SMK.pdf
Putri, S. Y. A., Asmeri, R., & Meriyani. (2023). Pelatihan Untuk Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dan Siswa SMK Jurusan Akuntansi Dalam Penggunaan Aplikasi Accurate Accounting Versi 5 di tingkat Nasional. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1457–1463. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3217
Rojaki, M. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1590–1598. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5463
Sagala, S. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan Guru, Tenaga Kependidikan, dan Masyarakat dalam Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Sulia, S., Mie, M., & Situmorang, I. M. (2023). Pelatihan Software Akuntansi Accurate Dalam Menghadapi Dunia Kerja Di SMA Swasta Wiyata Dharma Medan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI, 3(1), 59–65. https://doi.org/10.46880/methabdi.vol3no1.pp59-65
Sulistiani, H., Hamidy, F., Suaidah, S., Mersita, R., Yunita, Y., & Ismi HS, Y. (2022). Pelatihan Penerapan Accurate Accounting Software Bagi Siswa Jurusan Akuntansi Di SMK N 1 Padang Cermin. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 192-197. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2038
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rural Development For Economic Resilience (RUDENCE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.