UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DAN LITERASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA

Authors

  • Anju Marpaung Universitas Pakuan
  • Muhamad Rizky Ainurrakhman Universitas Pakuan
  • Agus Setyo Pranowo Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.53698/rudence.v4i1.78

Keywords:

Edukasi cerpen, keahlian kesejahteraan, literasi, pelatihan bahasa inggris, English training, skill, welfare, literacy, short story education

Abstract

ABSTRAK
Kegiatan pelatihan bahasa inggris dan edukasi cerita pendek bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi, terutama dalam hal membaca, menulis, dan penguasaan bahasa Inggris. Metode pelaksanaan menggunakan pembelajaran berbasis tes, yaitu pre-test dan post-test. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis tes dalam pembelajaran bahasa Inggris dan edukasi cerpen lebih mudah dipahami oleh peserta. Melalui metode ini, terjadi peningkatan yang cukup signifikan, dengan rata-rata kenaikan sebesar 74% dari semua kategori. Pelatihan bahasa Inggris dan edukasi cerita pendek di wilayah Cipaku memberikan dampak positif yang signifikan bagi para peserta, di mana beberapa di antaranya menunjukkan kemajuan yang cukup berarti meskipun tidak semua peserta mengalami peningkatan yang sama. Peningkatan kemampuan berbahasa asing dapat memberikan lebih banyak peluang di bidang pendidikan dan karir yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga maupun lingkungan sekitar.

ABSTRACT
English language training and short story education activities aim to improve literacy skills, especially in terms of reading, writing, and mastery of the English language. The implementation method uses test-based learning, namely pre-test and post-test. The results of the activities show that test-based learning methods in English learning and short story education are easier for participants to understand. Through this method, there was a significant increase, with an average increase of 74% for all categories. English language training and short story education in the Cipaku area had a significant positive impact on the participants, with some of them showing significant progress, although not all participants experienced the same improvement. Increasing foreign language skills can provide more opportunities in the fields of education and career which are expected to improve the welfare of the family and the surrounding environment.

References

Agustiana, V., Rahmatunisa, W., Asikin, N. A., & Nugroho, M. A. B. (2023). Meningkatkan kemampuan bahasa inggris tutor rintisan kampung Inggris Desa Galaherang Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan melalui pelatihan berbasis TOEFL. Abdimas Siliwangi, 6(1), 72-82. https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14528

Anwar, R., K. Frank, S. A., & Sriyono. (2024). Budaya literasi melalui peningkatan minat baca masyarakat adat di Kampung Ayapo Distrik Sentani Timur. Literatify: Trends in Library Developments, 435-443. https://doi.org/10.24252/literatify.vi.42827.

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.572

Hikmatin, T. (2020). Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(03), 286-292.

Mahfirah, T. F., Haura, T., & Putri, C. A. (2023). Pelatihan product branding sebagai optimalisasi strategi pemasaran bagi UMKM. Sarwahita, 20(02), 131-141. https://doi.org/10.21009/sarwahita.202.2

M. D. Nuralim, & Aswan. (2020). Dampakcerpen “Merantau Di Negeri Sendiri” Karya Hikayat Ashwan Sha terhadap minat belajar siswa di community learning center. Seminar Internasional Riksa Bahasa. Retrieved from http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/102

Nofiyanti, N. (2014). Pendidikan karakter dalam cerpen robohnya surau kami karya aa navis. Semantik, 3(2), 114-128. https://doi.org/10.22460/semantik.v3i2.p114%20-%20128

Novitasari, Y., Prastyo, D., Reswari, A., & Iftitah, S. L. (2023). Kemampuan Bahasa Inggris Awal pada Periode Linguistik Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5343-5350.

Rahayu, A., Wahib, A., & Besari, A. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Pojok Baca. Open Community Service Journal, 2(2), 122-130. https://doi.org/10.33292/ocsj.v2i2.41

Susini, M. (2020). Strategi meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 37-48. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2732.37-48

Tamrin, A. F., & Yanti, Y. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61-72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1673

Downloads

Published

2024-09-30