PENINGKATAN KESADARAN GENERASI Z TERHADAP PERUBAHAN IKLIM DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.53698/rudence.v1i1.8Abstract
ABSTRACT
The activity was carried out in the form of a webinar and aimed to increase awareness of Generation Z regarding climate change, more specifically climate emergency activities and their handling by reducing carbon involving mangrove plants. The method used for this activity is the implementation using Zoom Meeting. The results of this webinar are proven by conducting a qualitative survey with the webinar participants via Google Form. The activity results showed that the participants of this webinar were satisfied with the existence of the webinar on climate change and mangroves because it opened the minds of the participants. However, there are also drawbacks to the webinars that have been carried out, namely the hosts are less interactive, and the question and answer session is too short. In addition, the participants also felt quite satisfied because the speaker explained the material very clearly, and there’s a game session
ABSTRAK
Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk webinar dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi Z mengenai perubahan iklim, lebih spesifiknya adalah darurat kegiatan iklim serta penanganannya dengan cara mengurangi karbon yang melibatkan tanaman mangrove. Metode yang dilakukan untuk kegiatan ini adalah dengan menggunakan Zoom Meeting dan hasil dari webinar ini dibuktikan dengan melakukan survey secara kualitatif dengan para peserta webinar melalui Google Form. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para peserta webinar ini cukup puas dengan adanya webinar mengenai perubahan iklim dan mangrove karena membuka pikiran para peserta. para peserta juga merasa cukup puas karena pembicara menjelaskan materinya dengan sangat jelas ditambah dengan adanya sesi permainan
References
Bram, D., Muhajir, M., & Setiawati, M. (2013). Dinamika Wacana Perubahan Iklim dan Keterkaitannya dengan hukum dan tenurial di Indonesia: Sebuah Kajian Kepustakaan. Epistema Institute, 10
Hery. P. (2006). Peranan Mangrove dalam Mitigasi Perubahan Iklim. Buletin PSL Universitas Surabaya, 18, 9–10.
Kusumawardhani, I. D., & Gernowo, R. (2015). Analisis Perubahan Iklim Berbagai Variabilitas Curah Hujan Dan Emisi Gas Metana ( CH 4 ) Dengan Metode Grid Analysis And Display System (GrADS) Di Kabupaten Semarang Pemanasan global merupakan naiknya suhu rata-rata diseluruh permukaan bumi akibat dari. Youngster Physic Journal, 4(1), 49–54.
Muhadi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Ejournal Unisba, 20(4), 15.
Nafiza, I. (2021). Strategi Retorika Pembawa Acara Dalam Mata Najwa Di TRANS7. Jurnal PENEROKA, 1(02), 259–274.
Prehanto Adi, & Guntara Rangga Gelar, A. N. M. (2021). Pemanfaatan Webinar Sebagai Alternatif Digitalisasi Informasi dalam Seminar Kurikulum. Indonesian Journal of Digital Bsussiness, 1(1).
Rahmad. R (2017). 7 Fakta Penting Mangrove yang Harus Anda Ketahui. https://www.mongabay.co.id/2017/07/26/7-fakta-penting-mangrove-yang-harus-anda-ketahui/
Setiani, P. (2020). Sains Perubahan Iklim. Bumi Aksara
Sudarmanto, E., Revida, E., Zaman, N., Simarmata, M. M., Purba, S., Syafrizal, S., Bachtiar, E., Faried, A. I., Nasrullah, N., Marzuki, I., Hastuti, P., Jamaludin, J., Kurniawan, I., Mastutie, F., & Susilawaty, A. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis.